Jumat, 06 Januari 2012

First Drive KIA All New Rio

First Drive

First Drive KIA All New Rio Transmisi Otomatis, Penantang Baru Honda Jazz!


Bogor - Dua hari kemarin, PT KIA Mobil Indonesia mengajak para wartawan untuk menjajal hatchback terbaru mereka, All New Rio. Berbagai perubahan sudah disuguhkan dan sekaligus juga menjawab rasa penasaran Otomotifnet.com. Mau tau juga hasilnya? Yuk kita ulas.

Tampang luarnya yang lebih energik membuat Otomotifnet.com bersemangat. Kesan sporty sangat jelas terlihat dengan desain garis dan lekuk yang lebih berani pada All New Rio ini. Begitu juga ketika masuk kedalam kabinnya. Rasanya sedikit lebih luas dari versi terdahulunya.

Joknya bergaya semi bucket, sehingga memeluk punggung dengan mantap. Desain dashboard juga sudah cukup baik, dengan penataan letak berbagai fitur yang mudah dijangkau. Hanya saja, perpaduan dua warna pada dashboardnya sedikit mengganggu mata dan terlalu mencolok, sehingga mengesampingkan kesan elegan.

Namun sayangnya, meski ruang bagasi jadi lebih lega, sepertinya yang dikorbankan adalah penumpang belakang. Dengan tinggi badan 178 cm, jarak antara lutut dengan jok depan sangat terbatas, sehingga kaki harus menekuk. Untuk perjalanan jauh, ini sedikit mengurangi kenyamanan.

Begitu kunci kontak diputar pada posisi On, terlihat multi information display pada meter cluster dibelakang setir, lumayan lengkap, jarak tempuh, konsumsi rata-rata bbm, bahkan indikator ECO Driving pun tersedia.

Oiya, satu yang patut diacungi jempol pada New Rio, ruang kabin menjadi jauh lebih senyap dibanding generasi terdahulu. Suara mesin saat sedang idle sama sekali tidak terdengar di dalam kabin. Sehingga, ada kenyamanan lebih dengan perubahan ini.

Sekarang, saatnya memindahkan posisi tuas transmisi pada posisi D. Dan menginjak pedal gas. Bruuummm, mobil pun melaju. Akselarasinya lumayan gesit, meski sedikit kurang menggigit. Tapi untuk didalam kota, ini lebih dari cukup kok.

Kalau mau berhemat, boleh mengikuti panduan ECO-Driving. Indikatornya terdapat pada meter cluster, yang akan menyala ketika gaya berkendara kita sudah dianggap efisien. Jadi, kalau tidak menyala, berusahalah agar lebih sopan mengemudikannya.

All New Rio juga memberikan kenyamanan lain pada redaman suspensinya, yang terbilang empuk. Sehingga, melintasi jalanan bumpy, tidak membuat pengemudi dan penumpang terguncang. Meski konsekuensinya, pada kecepatan tinggi mobil jadi terasa limbung saat bermanuver ekstrim.

Namun, secara keseluruhan, KIA seharusnya percaya diri dengan hadirnya All New Rio ini. Sebab banyak poin menguntungkan, seperti desain yang lebih atraktif, kemudian kenyamanan karena kabin yang senyap dan redaman suspensi yang empuk, serta fitur unggulannya ECO Driving. (mobil.otomotifnet.com)
Penulis : Bagja • Teks Editor : Bagja • Foto : Bagja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Flickr Photos

A photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on FlickrA photo on Flickr